MATERI
1
SARANA
DAN PRASARANA KANTOR
PENGERTIAN
SARANA DAN PRASARANA KANTOR
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
(KBBI), Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam
mencapai maksud dan tujuan; alat. Prasarana adalah segala sesuatu yang
merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan,
proyek). Antara sarana dan prasarana tidak terlalu jauh berbeda, karena
keduanya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Untuk membedakannya,
sarana lebih ditujukan kepada benda-benda yang bergerak, sedangkan prasarana
lebih ditujukan untuk benda-benda yang tidak bergerak.
JENIS-JENIS
SARANA DAN PRASARANA KANTOR
3)
Peralatan
atau Perlengkapan Kantor (Office Supplies)
Peralatan
atau perlengkapan kantor adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu
pelaksanaan pekerjaan kantor sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang
diharapkan selesai lebih cepat, tepat, dan baik.
Peralatan
atau perlengkapan kantor dibedakan menjadi 2, yaitu :
3)
Peralatan
atau perlengkapan kantor dilihat dari bentuknya dibagi menjadi 3, antara lain:
·
Berbentuk
lembaran atau helaian (kertas).
·
Berbentuk non
lembaran (bukan berupa kertas lembaran).
·
Berbentuk buku
2. Peralatan atau perlengkapan kantor
dilihat dari penggunaannya dibagi menjadi 2, antara lain :
·
Barang habis
pakai adalah barang atau benda kantor yang penggunaannya hanya satu atau
beberapa kali pakai atau barang tidak tahan lama.
·
Barang tidak
habis pakai adalah barang atau benda kantor yang penggunaannya tahan lama.
B. Mesin-mesin Kantor (Office
Machine)
Mesin-mesin
kantor adalah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah
bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor yang bekerja secara mekanik,
elektrik, dan emberc.
C. Mesin Komunikasi Kantor (Office
Communication)
Mesin
komunikasi kantor adalah sarana kantor yang digunakan untuk melakukan
komunikasi baik di lingkungan organisasi sendiri maupun ke luar organisasi.
D. Perabot Kantor (Office
Furniture)
Perabot
kantor adalah benda-benda kantor yang terbuat dari kayu atau besi untuk membantu
pelaksanaan tugas pekerjaan kantor.
E. Interior Kantor (Office
Arrangement)
Interior
kantor adalah benda-benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi
menyenangkan sehingga ember semangat dan kenyamanan dalam menyelesaikan
pekerjaan.
F. Tata Ruang Kantor (Office Lay
Out)
Tata
ruang kantor adalah pengaturan ruangan kantor serta pengaturan penyusunan
alat-alat dan perabotan kantor sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor
yang tersedia sehingga memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada karyawan dalam
bekerja.
Tujuan Tata
Ruang Kantor
·
Memberikan
kenyamanan kepada karyawan sehingga karyawan betah dalam bekerja.
·
Memanfaatkan
ruangan kantor dengan maksimal sehingga tidak ada ruang yang tidak berguna.
·
Memudahkan arus
komunikasi dan arus kerja.
·
Memudahkan dalam
pengawasan.
·
Memudahkan dalam
memberikan pelayanan, baik pelayanan kepada rekan kerja maupun kepada
pelanggan.
·
Memudahkan gerak
karyawan dalam bekerja.
·
Memberikan rasa
aman dan keleluasaan pribadi.
·
Menjauhkan dari
kebisingan yang terjadi.
·
Memberikan
pencitraan yang baik kepada pelanggan maupun tamu perusahaan.
Bentuk-bentuk
Tata Ruang Kantor
1.
Ruang kantor
terbuka (open plan offices) adalah ruangan dimana semua
kegiatan karyawan dilakukan bersama-sama dalam satu ruangan tanpa dipisahkan
oleh tembok atau penyekat kayu.
2.
Ruang kantor
tertutup (closed plan offices) adalah ruangan kantor yang
dipisahkan oleh tembok atau penyekat kayu.
3.
Ruang kantor
semi tertutup adalah ruang yang disekat hanya setinggi 1,5 m. Keuntungan tata
ruang kantor semi tertutup yaitu menjaga privasi kerja dan kerugian tata ruang
kantor semi tertutup yaitu perubahan tempat lebih sulit dilakukan.
Pedoman
Pembuatan Tata Ruang Kantor
3)
Asas-asas
tata ruang kantor antara lain :
· Asas jarak terpendek.
· Asas rangkaian kerja.
· Asas penggunaan seluruh ruangan.
· Asas integrasi kegiatan.
· Asas perubahan susunan tempat kerja.
· Asas keamanan dan kepuasan karyawan.
2) Prinsip-prinsip tata ruang kantor
antara lain :
· Bagian atau fungsi kerja yang
berhubungan diempatkan berdekatan.
· Pekerjaan dilakukan secara
berkesinambungan dalam garis lurus.
· Alur kerja harus sederhana.
· Perlengkapan kantor diletakkan dekat
karyawan yang menggunakannya.
· Sebaiknya meja dan kursi dalam satu
bagian mempunyai ukuran yang sama.
· Perhatikan cahaya, sebaiknya tidak
ada karyawan yang menghadap cahaya langsung.
· Jika pekerjaannya banyak berhubungan
dengan masyarakat, sebaiknya ditempatkan di bagian terdepan.
· Jika ada pekerjaan yang dapat
mendatangkan kebisingan, sebaiknya dijauhkan dari bagian yang lain dan
dtempatkan dekat jendela.
3) Faktor-faktor yang mempengaruhi tata
ruang kantor antara lain :
1.
Sistem
Pencahayaan atau Penerangan
Jenis pencahayaan yang biasa
digunakan dalam kantor dibagi menjadi 4, yaitu :
·
Natural
lighting adalah
pencahayaan yang berasal dari sinar matahari.
·
Task
lighting (memerlukan
konsentrasi yang tinggi).
·
Ambient lighting adalah penggunaan cahaya yang
berasal dari penggunaan lampu-lampu yang berada di langit-langit ruang kantor.
·
Accent
lighting adalah
pencahayaan yang digunakan hanya di daerah tertentu saja.
2.
Sistem
Warna
Macam-macam warna ada 3, yaitu :
·
Warna primer
(warna pokok).
·
Warna sekunder
(warna yang dihasilkan dari campuran warna primer).
·
Warna tersier (warna yang dihasilkan
dari pencampuran warna primer dan sekunder).
3.
Sistem
Pengaturan Udara Ruangan
Suhu udara yang disarankan untuk
kondisi kerja dengan nyaman adalah 25,6° Celcius. Selain udara yang
panas, ruangan yang lembab dapat mempengaruhi prestasi kerja karyawan.
Cara mengatasi udara panas dan lembab
yaitu :
·
Ruang kantor
menggunakan AC (air conditioner) yang dapat mengatur suhu
udara ruang kerja secara otomatis.
·
Membuat
ventilasi (lubang udara) yang cukup.
·
Memakai pakaian
kerja yang sesuai dengan kondisi ruang.
4.
Sistem
Penataan Suara
Untuk mengatasi atau mengurangi agar
kebisingan tidak terlalu berpengaruh dapat dilakukan dengan :
·
Ruangan diberi
penyadap suara.
·
Di bawah mesin
tik diberi alas karet sehingga suara mesin tik dapat diredam.
·
Pengadaan printer diusahakan
yang tidak terlalu bersuara (laser).
·
Tempat pesawat
telepon diusahakan di tempat yang khusus.
Komentar