Manajemen Waktu
Seberapa
Baik Manajemen Waktu Anda?
Jawaban
dari pertanyaan ini akan menjadi motivasi utama Anda untuk memperbaiki
pengelolaan waktu Anda sehingga apapun yang Anda kerjakan efektif dengan hasil
yang maksimal. Selain itu Anda pun akan menjadi pribadi yang lebih produktif
dalam segala aktivitas yang Anda lakukan.
Waktu Bersifat tidak bisa diulang
Saya
yakin Anda tahu bahwa waktu itu bersifat tidak bisa diulang. Artinya apa yang
sudah terlewat dari hidup kita tidak akan pernah terjadi kembali.Dalam hadits Rosul Muhammad SAW bersabda “Gunakanlah olehmu lima kesempatan sebelum datang lima kesempitan: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa fakirmu, masa kosongmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang masa matimu.” (HR Hakim dalam Al-Mustadrak).
Dari hadits di atas jelas bahwa waktu sangat berharga bagi kita umat manusia. Karena itulah kita harus senantiasa menggunakan waktu yang kita miliki sebaik-baiknya untuk melakukan hal-hal yang utama, hal-hal yang positif dan hal-hal yang mengantarkan diri kita pada kehidupan yang lebih baik di dunia maupun di akhirat.
Dalam kehidupan modern pun efektifitas waktu juga menjadi salah satu acuan produktifitas kerja seseorang sehingga ada ungkapan yang mengatakan waktu adalah uang. Artinya bagi siapa saja yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, maka ia akan berpeluang besar memiliki produktivitas tinggi dalam bekerja sehingga ia akan menjadi pribadi yang berhasil.
Namun sebagai orang yang memiliki akal dan hati yang tercerahkan, kita tidak boleh hanya menggunakan waktu kita untuk sekedar mencari uang. Banyak hal bisa kita lakukan dalam menggunakan waktudiantaranya adalah untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai hamba dan sebagai seorang pemimpin di muka bumi.
Waktu Ibarat Pedang
Imam
Asy-Syafi’iy rahimahullaahu ta’ala pernah berkata, “Waktu ibarat pedang, jika
engkau tidak menebasnya maka ialah yang akan menebasmu. Dan jiwamu jika tidak
kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebatilan.”Ungkapan tersebut jelas bisa kita jadikan sebuah pelajaran nyata bahwa jika kita tidak pandai menggunakan waktu dengan baik, maka waktu tersebut akan membunuh kita. Membunuh di sini bukan berarti kita akan mati seperti dicabutnya roh dari jasad kita. namun mati disini berari kita akan mengalami kesusahan dalam hidup. Kita tidak akan bisa mencapai kesuksesan hidup yang kita inginkan, kita tidak akan bisa menghasilkan karya-karya berkualitas dan kita menjadi pribadi yan tidak bermanfaat buat orang lain.
Berbeda jika kita bisa menggunakan waktu dengan baik, kita mengisi waktu kita dengan hal-hal yang positif. Tentu kita akan mampu meraih kesuksesan hidup, mampu menghasilkan karya-karya yang berkualitas, produktif dalam bekerja, menuntut ilmu atau yang lain. bahkan kita pun akan menjadi pribadi-pribadi yang bermanfaat untuk orang lain.
Sudah baikkah Manajemen waktu kita?
Kini
saatnya kita merenung sejenak, kini saatnya kita mengevaluasi diri, dan kini
saatnya kita menganalisis seberapa baik manajemen waktu kita?Sekarang coba Anda ambil buku atau kertas dan alat tulis Anda. Silahkan mulai tuliskan beberapa ativitas utama yang sudah Anda lakukan guna meraih kehidupan yang lebih baik. Anda bisa bagi aktivitas itu dalam beberapa kategori. Misalnya ketegori beribadah (baik yang kaitannya dengan ibadah langsung kepada Tuhan atau pun kepada sesama), bekerja, berkarya, menuntut ilmu dan lain-lain.
Selanjutnya tulis aktivitas yang Anda lakukan yang tidak menghasilkan manfaat apa-apa untuk diri Anda dan orang lain. Tuliskan semuanya. Sampai apa yang ada dalam ingatan Anda habis.
Setelah semuanya sudah Anda tulis, silahkan bandingkan aktivitas mana yang lebih banyak menguras waktu Anda. Apakah aktivitas positif atau sebaliknya waktu Anda malah banyak Anda gunakan untuk hal-hal yang negatif atau hal-hal yang tidak memberikan manfaat untuk diri Anda maupun orang lain.
Di sini Anda harus jujur menilai diri Anda. Jika faktanya waktu Anda banyak Anda gunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka mulai saat itu juga buat komitmen pribadi untuk mulai mengelola waktu Anda dengan baik untuk hal-hal yang positif.
Ini memang tidak mudah, namun jika Anda mau berusaha dan berdoa, maka percayalah Tuhan akan memudahkan jalan kita.
Demikianlah ulasan sederhana untuk menganalisis sebarapa baik manajemen waktu Anda. Ulasan ini bukan untuk menggurui Anda, tapi ulasan ini adalah sarana belajar bagi kita semua untuk meraih hidup lebih baik.
Sebuah syair mengungkapkan, “Inna asy-syababa wal-faragha wal jidata mafsadatun li mar’i ayya mafsadah (Sesungguhnya masa muda, waktu kosong, dan banyak harta dapat menjadi faktor perusak yang sangat berbaya bagi manusia).
Itu artinya jika kita tidak ingin menjadi bagian perusak bagi manusia maka gunakanlah waktu kita sebaik-baiknya untuk hal-hal positif, melakukan kebaikan-kebaikan dan untuk bekerja sebaik-baiknya kemudian hasilnya kita gunakan di jalan yang di rahmati oleh Tuhan pemiliki segala keagungan.
MANAJEMEN WAKTU YANG EFEKTIF DI TEMPAT KERJA
Terkadang kita selalu mengeluh dengan
begitu banyaknya pekerjaan kantor yang masih menumpuk, dan sering kali membuat
kita harus lembur hingga larut malam atau bahkan harus membawa kerjaan tersebut
kerumah. Ini semua terjadi mungkin dikarenakan kita belum dapat mengelola waktu
secara efektif. Cara kita mengelola waktu adalah faktor yang sangat
menentukan kesuksesan dalam pekerjaan.
Jika
kita dapat mengelola waktu secara efektif maka hidup kita akan terasa lebih
santai dan terkendali serta kesuksesan pun dapat diraih. Manajemen waktu yang
efektif disini adalah pengelolaan waktu yang berfokus pada tugas yang merupakan
tanggung-jawab dalam pekerjaan.
Berikut
adalah cara mengelola waktu efektif yang dapat diterapkan dalam tempat kerja:
1. Memahami
peran dan tanggung-jawab kita sendiri. Ini dapat membantu disaat
kita melakukan tugas yang diberikan, sehingga kita dapat
memperioritaskan pekerjaan yang memang merupakan tugas dan
tanggung-jawab kita.
2. Buatlah
catatan tentang apa saja yang harus dikerjakan (to do list) sebagai
panduan dalam kegiatan kita di tempat kerja. Dan terapkan pula skala
prioritas pekerjaan yang akan dikerjakan pastikan pekerjaan itu
terselesaikan dengan baik.
3. Buatlah
juga daftar pekerjaan yang telah diselesaikan untuk mengetahui
seberapa jauh pekerjaan yang telah kita selesaikan. Dengan begitu kita tidak
perlu terus mengecek berulang-ulang, pekerjaan mana yang sudah dikerjakan dan
mana yang belum dikerjakan.
4. Hindari
menunda-nunda pekerjaan, karena hal ini akan menghalangi kita
untuk bisa memanfatkan waktu dengan baik. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan
jauh sebelum deadline. Karena nantinya kita akan merasa lebih tenang dan
berkonsentrasi kepada pekerjaan yang lain.
5. Hindari
menyelesaikan pekerjaan secara multitasking, biasanya untuk
mempersingkat waktu kita mengerjakan dua pekerjaan sekaligus. Menulis email
sambil berbicara dengan client di telepon. Walaupun terlihat dapat
mengefesiensikan waktu, justru sebenarnya diperlukan lebih banyak waktu untuk
menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus dibandingkan dengan menyelesaikan
pekerjaan yang sama satu persatu. Dan hasil dari multitasking juga menghasilkan
kualitas yang kurang bagus, emailnya penuh kesalahan dan klien pun terganggu
karena lawan bicaranya kurang konsentrasi.
6. Jangan
menganggap istirahat itu membuang waktu! Karena istirahat yang
cukup akan memungkinkan kita untuk berpikir kreatif dan bekerja secara efektif
sehingga akan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.
7. Jadwalkan
tugas secara efektif. Setiap orang mempunyai ritme yang berbeda,
yaitu waktu yang berbeda dimana kita merasa sangat luang, produktif dan
energik. Kita dapat memanfaatkan waktu terbaik ini dengan menjadwalkan
pekerjaan yang agak rumit selama puncak waktu kita.
Salah
satu hal yang penting untuk mencapai tujuan dan kesuksesan kita dalam bekerja
adalah bagaimana kita dapat mengelola waktu secara efektif. Dengan begitu pun
kita akan merasa lebih bahagia, tenang dan terhindar dari stres.


Komentar